Breaking News

Minggu, 07 Juni 2009

Anti Poligami, Chapter III: Fact Revealed


--------------------------

VII. Balasan dari Bejo

--------------------------

Trims Wini,,sdh mau berbagi rasa dan waktumu,

Soal cerai, sama sekali saya tak berniat menceraikan istri saya yg saya cintai dan anak2 saya,,ini bukan pertamakali saya pisah ..sdh sering,,dan saya selalu membawa foto keluarga saya,,saya teramat sangat mencintai mereka seperti yg kamu bilang.

Saya jujur sama kamu, sebenarnya janda itu mendekati saya karena rumah..dia tinggal di perumahan, dulu memang tetangga saya, memang dia bukan dr kedinasan, tetapi saudaranya, nah sekarang suadaranya yg kedinasan dan istrinya sdh meninggal jadi hak mereka utk menempati rumah itu habis, bisa diusir. Jadinya minta tolong agar dia bisa menggunakan namaku. Bahkan waktu meminta ijin menggunakan namaku, minta ijin sama istriku segala koq. Karena dulu kami bertetanggaan baik,,dan kakanya juga kawan saya sekolah..saya berkonsultasi dgn keluarga saya, mereka mengijijnkan, karena rumahku di sana juga sdh tdk ada.

Saya ijinkan dengan bermaksud baik, daripada dia diusirkan kasihan, sebenarnya ibunya sdh tinggal diluar perumahan, hanya si janda ini yg keukeuh utk mempertahankan rumah, karena belakngnya itu pesantren, dia punya usaha yg berhububgan dgn pesantren,Tetapi, sekarang ini, dia yg mengejar saya utk menikahinya, saya tahu agar dia bisa tinggal disitu dgn menggunakan nama saya..paling tidak sampai saya pensiun,

dia tdk ingin saya menceraikan istri saya, hanya ingin dimadu, dia selalu berdalih dgn contoh yg diberikan oleh AA Gym, kebetulan dia anggota jemaah AA Gym,,kalaupun disembunyikan tdk diekpose seperti AA juga ga pa2..

tahu ngga Wini..saya pernah beristikharah karena dia mendesak terus.. tapi Masya Allah dalam mimpi saya itu saya dgn janda itu..apa betul itu menjadi petunjuk.

Untungnya saya sekarang pergi jauh dari dia, tanpa tahu saya ada disini. Eh, Wini,,tdk banyak orang tahu saya ada disini termasuk kawan2 saya di kedinasan, jadi keep silent ya please,,

Sebenarnya salah satu kunci janda itu adalah ibunya,,,ya saya maklum, klu ibunya ingin dia bahagia..bahkan ibunya yg ikut menjelaskan masalah poligami kpd saya, termasuk membantu lewat doa.

Ok, Wini,,cukup dulu ya, sorry sdh mengambil waktumu, dan thanks atas atensimu.

Bejo



--------------------------

VIII. Surat keempat, dari Wini

--------------------------

Akhirnya kamu menulis surat juga Jo! Mungkin karena hari minggu jadi kamu punya cukup banyak waktu luang untuk menulis. Maaf sebelumnya aku keliatan seperti berasumsi bahwa kamu yang ‘mau cerai’. Seharusnya aku emang nggak menyimpulkan seperti itu, hanya karena kamu nanya-nanya soal cerai, poligami, dlsb. Abis, kamu ceritanya sepotong-sepotong, jadi aku nggak jelas mana subyek, obyek dan predikatnya. Kemaren juga setelah mengirimkan email tsb aku berfikir, duh.. knapa lagi aku nulis kayak gitu, padahal kan nggak mungkin kamu yang mau melakukan itu. Sejauh feeling yang aku miliki, kamu itu tidak ada masalah rumah tangga, kecuali gangguan pihak ketiga, itu aja.

Eh, menanggapi topik pembicaraan soal talak mentalak spt itu. Aku belum bisa menjawab sesuai dengan referensi.Soalnya belum sempet cari-cari referensinya. Sepengetahuan aku, perempuan itu nggak bisa menjatuhkan talak, tapi bisa menggugat cerai. Gugatan cerai itupun berupa permintaan, karena pihak laki-laki yang memutuskan mau dicerai atau tidak. Biasanya gugatan cerai ini diajukan melalui sidang pengadilan agama, setelah semua upaya perdamaian nggak berhasil. Tapi ada kasus dimana si perempuan masih bisa diterima gugatan cerainya meskipun sang laki-laki tidak mau menceraikan, kalo terbukti sang laki-laki melanggar beberapa kewajiban, misalnya tidak memberikan nafkah lahir-bathin sekian lama, atau hal-hal lain, yang kalo aku nggak salah, tercantum di dalam buku nikah, dan perempuannya nggak rido dengan perlakuan tersebut. Jadi intinya perempuannya nggak rido, kalo perempuannya rido, ya nggak bakal menggugat cerai. Tapi banyak perempuan yang karena udah nggak rido, tapi nggak dicerai juga, trus ngabur dan membiarkan status dirinya digantung, dan berharap dengan itu akan jatuh talak dengan sendirinya.

Untuk kasus pasangan tadi, memang agak lemah landasan hukumnya. Nikah siri sih sebenarnya secara agama ya sah-sah aja. Toh surat itu cuma administrasi kepastian status secara hukum. Jadi menurut aku, semua aturan hukum agama berlaku. Cuma, dalam kasus yang kamu ceritain itu, baik laki-laki dan perempuannya sepertinya kurang menyadari hukum-hukum agama dalam perkawinan. Misalnya, kok laki-lakinya bilang silakan kalo dia mau kawin sama orang lain, tapi tidak mengucapkan talak, kan nggak bisa gitu. Talak dan cerai itu pada prinsipnya harus diucapkan secara eksplisit. Kalo perempuan itu tiba-tiba memutuskan kawin dengan orang lain atau meninggalkan si laki-laki, itu kasus yang menggantung, secara hukum si perempuan nggak punya landasan yang sah. Kalo suatu saat si laki-laki menggugat ‘kapan elo gue cerai?’, ya yang perempuan nggak bisa apa-apa, karena nggak ada kepastian hukum. Sepertinya yang berhak menjatuhkan talak itu adalah si laki-laki melalui ucapan yang eksplisit, atau melalui keputusan pengadilan agama, yang didasari oleh evaluasi kondisi rumah tangga mereka.

Setelah menyimak kasus kamu dengan sang janda merah tsb, aku jadi makin apreciate dengan kamu Jo. Ternyata, dibalik gaya urakan kamu, kamu tuh punya kepribadian yang mungkin agak langka sekarang ini.

Maafin aku kalo aku pernah terkesan menuduh kamu itu orang yang gampang mempermainkan perempuan. Aku tarik kesan tersebut dengan beribu maaf. Menurutku, kamu itu orang yang sangat menghargai wanita. Sikap kamu terhadap janda tsb sudah menunjukkan penghargaan yang luar biasa. Kenapa coba?? Udah jelas-jelas dia itu mau memperalat kamu, jabatan kamu, pekerjaan kamu, untuk kepentingan dia pribadi, lha kamu mau tuh?? Tapi, justru, dengan mengetahui latar belakang sebenarnya, aku makin KEUKEUH melarang kamu poligami dengan dia. Tapi, sebelumnya aku mau tanya? Apa nama kamu sudah digunakan secara resmi oleh dia untuk kepentingan rumah tsb? Artinya rumah itu sekarang tercatat atas nama kamu? Trus dia dicatatkan sebagai apa? Istri kamu?

Menurutku, aneh juga kalo sang janda ingin mempertahankan rumah yang udah jelas-jelas bukan haknya. Apalagi pake nama kamu Jo!! Itu sangat nggak fair, semuanya berbau egois dan ingin enaknya dia sendiri. Maaf Jo, kalo aku ngomong sadis. Bayangin aja, udah jelas-jelas dia tidak berhak terhadap rumah tsb, bukan ahli waris, bukan juga orang kedinasan, tapi pengen mengklaim rumah tsb. Trus, yang parahnya dia pake nama orang lain. Lebih parah lagi, dia minta orang tsb untuk mengawini dia, tanpa mikir bagaimana keluarga orang ini?? Jelas ke’pantas’an kamu mengawini dia dinilai dari apa yang kamu miliki, misalnya, pangkat kamu, jabatan kamu, bukan apa yang ada dalam diri kamu, misalnya kamu itu orang yang baik, bertanggung jawab, dan kamu dan dia saling mencintai, misalnya. Bagaimana kalo kamu nggak punya pangkat, hanya prajurit biasa? Tentu kamu nggak diperhitungkan, tentu dia akan mencari ‘korban’ lain.

Menurut aku, kamu nggak ada alasan untuk menerima idenya, kecuali kamu pernah hutang budi sama dia. Apa pernah hutang budi sebelumnya? Sehingga begitu berat tuntutan dia ke kamu? Emangnya nikah itu urusan yang enteng? Apa kamu pernah hutang budi dengan ibunya sehingga kamu terkesan’nggak enak’ menolak semua idenya tsb? Tapi, meskipun mungkin memang benar kamu pernah hutang budi, tetap saja tidak dengan cara itu kamu harus membayar. Trus sekarang gimana dong?? Menurut aku, kamu harus mundur total, singkirkan dia dari kehidupan kamu. Caranya? Entahlah, apa bisa klaim atas rumah tsb, yang atas nama kamu, ditarik kembali. Bilang aja, kamu juga perlu mengurus jatah rumah untuk keluarga kamu sendiri. Trus kalo misalnya ternyata kamu itu memang nggak keliatan butuh jatah rumah karena sudah sedemikian kayanya, kamu tinggal bilang, bahwa ada sodara kamu yang butuh, siapa itu? Ngarang aja deh!! Pokoknya jangan mau nama kamu digunakan untuk mengklaim rumah tsb, karena itu berarti kamu akan terikat dengan dia seumur-umur.

Kalo soal dukungan ibunya, nah ini yang aku nggak habis pikir, kayaknya mereka mungkin jenis yang kurang peka terhadap kondisi sosial. Meskipun dia rela anaknya dimadu, tapi apa dia nggak mikirin bagaimana perasaan istri dan anak-anak kamu? Apalagi alasannya demi rumah. Emang kamu mau kawin kontrak ama dia? Cuma nikah di atas kertas, tapi nggak punya kewajiban apa-apa? Apa bisa diterima? Itupun aku nggak bisa terima. Bukan karena aku perempuan, bukan karena aku juga seorang istri, tapi aku mencoba melihat masalah ini secara obyektif dari kacamata hukum dan peraturan. Aku nggak ngerti karakter seperti apa yang dimiliki oleh ibunya sehingga dia tega membujuk kamu menikahi anaknya, hanya supaya anaknya itu ‘berbahagia’ dan dapat mempertahankan rumahnya. Aku yakin, Jo! Kalo kamu melakukan itu, sama aja dengan kamu nyemplung ke never ending problem. Kenapa coba? Pertama, udah jelas istri dan anak akan kecewa. Kedua, kamu jadi tambah terlibat, kudu ngasih nafkah lahir bathin lah…, kudu ngurusin urusan dia lah.., kan kamu suaminya!! Trus, apa yang kamu dapat sebagai imbalannya? Emangnya kamu akan bertambah tenang? Apa nggak bertambah ribet tuh??? Emang kalo di kedinasan kamu ketauan kawin lagi nggak apa-apa tu? (aduh, aku udah nggak mengikuti perkembangan peraturan tsb), emang kalo nggak ketauan (berarti nikah siri, nggak ada surat-suratnya), atau nggak diekspos, trus apa status dia dimata hukum? Apa dia bisa tetap menggunakan nama kamu? Aku tetap nggak ngerti, yang terbaca dari sini adalah kesan dia ingin ‘merebut’ apa yang sekarang tidak dia miliki.

Aku simpati karena kamu kasian sama dia, karena dia janda, dan mempertahankan rumah itu mungkin satu-satunya cara dia mencari nafkah. Tapi, didunia ini banyak janda-janda lain yang tetap bisa bertahan hidup tanpa harus memperalat suami orang. Soal nggak punya rumah, bukan berarti hidup berantakan.

----------------

Ha..ha…. kepotong suratnya.. chat dulu sama kamu…

--------------------------



--------------------------

IX. Chat Wini-Bejo, session II :

--------------------------

Wini: I am writing a letter for you..! how are you today Jo??

Wini: but the letter not finish yet.

Wini: kamu lari lagi tadi pagi??

Bejo: i received and read it,,i rwrote it back,,day always busy

Bejo: sore ini lari pulang kantor..

Wini: Jo.. sorry ya.. bhs inggrisku ancur..

Wini: Ya, I already read it, and write the reply to Jour letter. I will send it this early morning.

Bejo: ga pa2..koq tahu aku lari..feeling ya?

Wini: Iya .. nebak2 aja.. aku jadi mulai berhitung, seperti apa kebiasan kamu di sana...

Wini: tebakanku adalah, kamu biasa cek email dlsb 2 kali sehari, jam 10 an pagi dan jam segini ..

Bejo: besok saya ke lapangan lagi..ada yg harus dicheck,,,

Wini: selebihnya kamu nggak online.. jauh nggak tempatnya??

Wini: btw.. disono itu kondisinya aman2 aja atau ada konflik2 juga?

Bejo: oh tergantung kerjaan,,besok mungkin seharaian ga ngecheck...

Wini: ya nggak apa-apa .... namanya juga kedinasan.. masak ngenet mulu..

Wini: jauh nggak tempatnya?

Bejo: sekitar 80 km..

Wini: naik apa kesana? pake mobil kedinasan?

Bejo is typing a message.

Bejo: ya iyalah,,klu ga ya mana boleh..

Wini: persisnya daerah konflik atau daerah perang apa sih Jo..sorry aku agak kuper, nggak ngikutin berita-berita perang gitu.

Wini: Jo, kamu pasti agak capek ya hari ini? mana kudu nyiapin buat besok.. sorry ya aku ngganggu nungguin kamu chatting disini. kalo kamu capek ya udah. istirahat aja sono

(putusss..tuss…)

Bejo: aku dari toilet..tempatnya diluar..

Wini: oo.. sorry.. menuduh...

Bejo is typing a message.

Wini: abis kamu nggak bilang apa2.. jadi aja aku menduga2..

Bejo: aku maghriban dulu ya..masih ada waktu 15 menit..

Wini: mangga... I will stay here until next 30 mnts.. just drop message if you back again

……..

Bejo: I'm done..

Wini: Ha.. akhirnya.. jadi jam segini tu baru magrib di tmpt kamu? aku nggak nyangka, bukannya sekarang itu udah jam berapa ya..jam 9 malam di sana? apa salah ya?

Bejo: sekarang kan masuk musim panas..Isya mulai jam 21.15..

Wini: O.. gitu.. sorry nggak pernah kemana2 jadi nggak ngerti ..

Wini: eh.. boleh nanya Jo.., sekarang keluarga tinggal dmana?

Bejo: di jakarta

Wini: trus, kalo ke bandung, kamu kemana biasanya? maksudku nginepnya dimana? aku pikir kamu masih ada rumah di perumahan itu

Bejo: saya ada rumah ortu di sebelah sono, dulu dr perumahan pindah ke sono..

Wini: ooo.. jadi yang di perumahan sekarang udah di sono, dimana di sono nya?

Wini: Jo, kamu sengaja set invisible ? jangan dong. aku kan jadi nggak tau apa disconnected beneran atau cuma invisible..

Bejo: mana neh?

Wini: here.. Jo..

Wini: aku dari tadi nungguin jawaban kamu, tapi nggak nongol2 aja..

Wini: tu.. kan nggak jadi lagi ngejawabnya...

Bejo: kan udah di jawab ,,revert back to my answer..

Bejo: lihat yg diatanya dong..

Bejo: atasnya lagi,,

Bejo: eh..bawahnya ..salah..

Wini: nah.. itu nggak ada...!! aduh maaf Jo, namanya juga internet, kadang2 kita jadi ngeributin hal-hal yang emang nggak keliatan.

Wini: aku lagi menyelesaikan surat balasan untuk kamu.

Wini: kamu sekarang lagi sibuk ngapain Jo? bikin laporan? browsing? baca email atau ngapain?

Wini: duh.. bikin frustasi nih.. nggak jelas statusnya.. menggantung..

Bejo: aku suka..saya sdh balas td pagi,,tolong besok ditanggapi..saya jarang browsing,,kalau lagi sekolah iyalah cari bahan..kalau disini buka e mail, lihat berita koran sekilas ..headline saja, sama websitenya kedinasan

Wini: oo..

Bejo: selebihnya saya istirahat..saya tetap harus 6 jam sehari tidur,,seminggu 2-3x lari..

Wini: maksud aku bukan email, tapi chat tadi.. Iya boss. iya.. aku ngerti kehidupan org spt kamu

Bejo: ok,tapi ga semua temen2 seperti aku,,menurut kwn2ku saya termasuk yg idealis,

Wini: Jo.. boleh tanya2 dikit nggak? yang rumah si janda di perumahan itu, udah jadi atas nama kamu?

Bejo: sudah..lho kamu sdh trima e mailku? katanya baru senin buka? tapi setiap 2 tahunkan surat rumah diperpanjang.

Wini: udah Jo.. tadi siang aku baca bentar..

Wini: kalo ndak diperpanjang, gimana status rumah tsb? trus apa judulnya rmah tsb? apa dalam surat tsb ada kaitan nama kamu dgn nama dia? misalnya.. atas nama kamu, sbg suami, trus ditempati dia sbg istri atau sodara..

Bejo: oh ngga,,kalau ga diperpanjang, ya tdk jelas statusnya bisa diambil oleh kedinasan..dlm rumah ga ada kaitannya,,bahkan posisi dia sangat lemah sebenarnya,,karena misalnya yg berhak menempati rumah tsb apabila saya meinggal adalah istri yg sah menurt dinas..

Wini: trus satu lagi Jo.. aku nggak ngerti peraturan nih.. kalo di kedinasan, kalo ketauan kawin lagi, ada sanksinya nggak?

Bejo: yah ada dong,,tergantung kasusnya,,kenapa?

Wini: rasanya dulu pernah denger peraturan itu ada buat PNS.

Wini: nah.. berarti kalo kamu nerima ide dia buat poligami, kan nambah2in masalah

Bejo: PNS dan semua kedinasan ada peraturan PP 10, dia tahu aturan itu, tapi dia bilang saya silent saja, yg penting saya nempati rumah,,dan lagi dia banyak berteman dgn orang yg jadi simpenanya boss-boss,,makanya dia anggap itu hal yg wajar,,

Wini: ah.. gawatt banget tuh..

Wini: kalo gitu kenapa dia nggak jadi simpenan mereka2 aja.. knapa harus ngincer kamu

Wini: atau jangan-jangan kamu juga banyak punya simpenan??

Bejo: itu yg saya ga ngerti,,katanya ibunya hanya setuju dgn saya..jarena saya shaleh katanya...baik,,dll..aku ga ngerti Wini..

Wini: tipu .. jelas itu tipu muslihat..... jelas-jelas dia itu memperalat kamu. padahal yang dia butuhin itu cuma pangkat dan jabatan kamu

Wini: ibunya juga ngaco tuh.. sekalinya kamu begitu, maka kamu akan sama aja dengan para bos-bos yang pada punya simpenan tsb

Bejo: saya punya target,,kalau dlm 23 th masa dinas saya tdk jadi pangkat anu, saya akan mengundurkan diri dari kedinasan..begitu dia dengar itu,,dia langsung kalut..

Wini: kalut knapa?

Wini: takut kalo kamu nggak jadi abdi negara lagi trus nggak punya jabatan.. gitu..

Wini: ntar dia cari orang lain lagi yang lebih "baik, shaleh" , dan jelas punya jabatan di kedinasan.

Bejo: ga tahu..mungkin takut masalah rumah..kalau pensiunkan posisi rumah itu lemah..

Wini: sungguh sangat aneh, kalo mau nikahi orang karena rumah, itu alasan yang sangat MATRE.. sudah jelas

Bejo: saya koq kaya kerbau dicocok hidung Wini kalau di Bandung..makanya sebenarnya saya bersyukur bisa jauh disini,,meski harus jauh dari keluarga juga..

Wini: jadi ucapan 'baik dan shaleh' itu cuma pemanis aja. jelas dia akan berusaha mati-matian merayu kamu, baik dari jalan normal maupun paranormal

Wini: wong kamu itu asset dia.

Bejo: aku juga sdh terlajur munjemin duit ke dia Wini..

Wini: banyak kah? signifikan kah?

Wini: jangan-jangan dia itu termasuk jenis janda-janda yang doyang menggaet orang-orang berpangkat

Wini: Jo, boleh aku tanya lagi, misalkan, kamu menghilang forever.. nggak nongol, nggak memperpanjang surat rumah.. kerugian apa yang kamu tanggung? duitnya jelas-jelas nggak balik, tapi seberapa besar duit tsb?

Bejo: ya termasuk banyak,,tapi saya sudah ihklas,,,ga dikembaliin ga pa2..Insya Allah saya dapat penggantinya yg lebih,,,menurut saya yg termasuk paranormal itu ya ibunya itu..

Wini: ya itulah.. makanya kamu teringat-ingat dia terus. .kata orang ya dijajampe.. percaya nggak percaya.. hal itu memang ada. makanya kamu harus hati-hati

Wini: penangkalnya udah jelas Jo.. kamu berdoa.. berdoa yang keras. minta perlu bantuan Istri kalo perlu..

Wini: eh.. maksudku, minta bantuan istri untuk turut berdoa kalo perlu.

Bejo: kalau duit saya ga mempermasalahkan karena itu dari uang bisnisku (aku jual beli mobil2 jeep),,saya bisa minta bantuan kamu Wini?kala berdoa istriku juga sdh..tapi istriku ga tahu kalau dia pinjam duit segala..

Wini: bermasalahkah kalo istri nggak tau??

Wini: kalo kamu sampe menikah sama dia.. itu namanya MUSIBAH besar..!! jangan sampe terjadi Jo..!! jangan!! Mendingan kamu nikahi artis sekalian !!

Bejo: ya iyalah,,karena istriku tahu dia mengejar2saya,,dan pernah ditlp istri saya tdk mau angkat,,sms tdk dibalas,,istriku kecewa karena sdh dibantu masalah rumah,,ternyata mau minta lebih..

Bejo: kalau misalnya saya sampai terjadi menikahi dia, apa yang harus saya lakukan?

Wini: duh. aku nggak kebayang Jo.. itu baru bener-bener musibah.. Masya Allah.. aku akan turut berduka cita sedalam-dalamnya..

Bejo: Wini aku minta tolng Wini...

Wini: say it ..!!

Bejo: carika doanya yang manjur dong,,sama kalau punya kenalan di kompleks,,pura2 nanya siapa sih dia?tapi jangan sebutkan cerita ini lho ya..

Wini: tapi kamu nggak bener-bener sudah menikah dgn dia kan? baik secara hukum ataupun siri?? nggak pernah berhubungan secara fisk.

Wini: oke.. alamatnya dimana? jalan apa.

Bejo: ngga kenapa Wini?

Wini: nanti aku tanya temen ngajarku, kalo nggak salah ada yang rumahnya di sono

Wini: alamatnya di jl. apa? namanya siapa? ibu siapa gitu..?? mungkin satu saat nasib baik aku bisa dapat info ttg dia. secara spesifik info spt apa yang ingin kamu ketahui..

Wini: Syukurlah.., aduh lega banget aku mengetahuinya.. nggak kebayang kalo kamu bener-bener udah nikah ama dia..

Wini: percaya nggak Jo..!! aku bener-bener deg-degan nunggu jawaban kamu, apa kamu udah nikahin dia. kayaknya mukaku pias kalo kamu menjawab udah..!!

Wini: alamatnya please.., sama namanya siapa gitu. eh dia punya bisnis apa? jualan apa dgn orang2 pesantren?

Bejo: ok, namanya Bunga, alamatnya di Mawar 6, janda sdh belasan tahun, sekarang ini dia tinnggalnya di Mewah Regency dgn ibunya, rumah yg di perumahan sdg di reno, dulu SMA Sahibul, tamat sma nikah (kecelakaan?), iinfo yg ingin sy cari siapa dia? apakah dia janda baik2 or bukan? saya pernah cari info,,tapi pada bilang,,wah misterius sekarang,,anaknya baru kuliah tahun lalu, laki2..

Wini: jadi rumah yang di Jl. Mawar kosong dong??

Wini: Mawar 6 nomor berapa Jo?

Bejo: betul sedang, di renovasi..nomornya aku tdk ingat pasti kalau tdk salah no 555A, pokoknya lagi dibangun belum selsai..

Wini: trus rumah itu bekas siapa? maksudku pemilik sebelumnya atas nama siapa?

Wini: SMA Sahibul kira-kira lulus taun kapan?

Wini: trus bisnis apa sama orang2 pesantren?

Wini: nama lengkapnya.. if you don't mind..

Bejo: atas nama saudaranya yg sudah meninggal itu,,dia tinggal memang sdh lama..tapi please crita ini hanya kamu yg tahu,,,i trust ya Wini..

Wini: Yes Jo.. you can trust me.. I am not a stupid woman.

Wini: aku perlu nama lengkap dia or nama ex yang punya rumah tsb, buat alesan tanya2.. biasalah..ibu-ibu kan suka bergosip dari hal-hal spele dulu baru menjurus..

Wini: so aku mungkin aja satu saat berkesempatan bergossip dengan ex tetangganya atau relasi bisnisnya, nah. biar nggak salah orang, aku harus tau info lengkapnya dulu.

Bejo: Bunga Melati bin Ableh,,sma nya tamat tahun berapa ya? dia 2 th di atas istri saya,,,kira tamat tahun 1989 or 90an lah..kalau di perumahan mah ga pada tahu atas nama siapa,,yg tahu siapa yg tinggal disitu,,nama bapaknya saja,,pak Ableh almarhum..

Bejo: eh,,kakaknya angkatan saya, dia sma kamu dulu,,namanya CowokBanget, kenal?

Wini: nggak tu. tapi nanti aku iseng tanya suamiku, dia di sma angkatan kamu Jo.

Bejo: ok..mungkin dia kenal,,sekarang kerja di pt angin ribut..apalagi?

Wini: trus sekarang dia bisnis apa Jo? Kerja dimana? kata kamu dia punya pekerjaan

Wini: pekerjaan dan bisnisnya Jo?

Wini: aku nggak kenal kakaknya, tapi nanti aku tanya sama suami dan temen2 angkatan dia.

Bejo: sekarang kerjanya ya ngawasi yg lagi reno rumahnya..saya juga jadi ragu,,katanya kerjanya bisnis, tapi waktu itu pinjam uang utk anak nya masuk kuliah..

Wini: kata kamu, rumah itu dipake bisnis sama dia, apa jenis bisnisnya

Wini: jadi kamu nggak tau juga bisnis apa persisnya dia?

Bejo: ya belakangnya kan menghadap pesantren,,dulu dipake ksot2an dan warung makan..

Wini: ooo kos-kosan, sekarang masih juga kah? kapan kamu terakhir ketemu? dan dulu pertama ketemu lagi gimana ceritanya? katanya dia bekas tetangga.. apa seperti dgn aku, udah lama nggak ketemu, tau-tau ketemu udah janda..

Wini: jadi kamu kehilangan record track dia semenjak pindah dari kompleks shg nggak tau nikah ma sapa, knapa cerai, dan spt apa kehidupannya

Wini: eh.. pertanyaannya kebanyakan ya???

Bejo: sekarang berhenti dulu, kan rumahnya direno. Terakhir ketemu 2bulan yg lalu,,dia yg nelpon dulu,,dia dpt no ku darii kakaknya,,ibunya yg nyuruh..kalau kawainnya saya tahu, dgn pacarnya waktu dia sma dulu, cerainya karean suaminya kawin lagi,,dia janda muda banget sebnearnya,,umur 21 tahun,,kawinnya cuman 2 th,,setelah itu saya ga punya track recordnya lagi..

Wini: itu ketemu terakhir 2 bln lalu, ktemu lagi pertamanya gimana?

Wini: aku akan berusaha cari infonya Jo.. Orangnya cantik ya? (he..he... sekedar curious.. bukan jealous!)

Wini: brani juga ya dia merenov rumah atas nama kamu, kayaknya dia optimis kalo kamu itu bakal mau ngawinin dia.

Bejo: itulah Wini,,waktu saya di bandung, saya spt kena magnet sering ke rumahnya.. tapi terakhir ketemu tdk di rumahnya..iya Wini anaknya cantik..

Wini: Nah.. ketauan kan.. makanya kamu kesengsem.. kalo nggak cantik, nggak mungkin kamu kesengsem gitu

Bejo: renovnya sdh lama,,sebelum atas nama juga sudah dimulai,,tapi tersendat2..sekarang dilanjutkan lagi,,,

Bejo: ok..Wini cukup dulu,,aku harus persiapan utk besok,,,please hanya kamu yg tahu Wini...istriku tdk tahu kalau dia begitu gencar ngejar saya,,,ini snagat sensitive,,i trust Jou wanita pintar..

Wini: misalnya tampangnya kayak aku, ndak mungkin kamu terkena magnet. pantesan aja hasil istikharah kamu mimpi yg spt itu. mungkin terkena "sima" wajah cantiknya.

Bejo: sima itu apa?

Wini: sima itu 'pengaruh', karisma, ada juga yang bilang sejenis pelet, susuk dlsb, supaya orang tersepona

Wini: shg kehilangan akal sehat. btw, sudah berapa kali dia menggunakan nama kamu utk memperpanjang ijin rumah tsb? kan katanya 2 thn sekali dperpanjang

Wini: satu pertanyaan.. Jo.., aku akan membantu kamu cari info ttg dia. but, apapun hasilnya, apakah akan mengubah keputusan kamu untuk menikahi/tdk menikahi dia? pls answer right now if you don't mind

Bejo: saya ingin menjauhi dia Wini dgn terhormat..kamu betul Wini saya sering tdk ingin mengecewakan orang..saya sayang keluarga saya,,lihat senyum anak2 saya...

Bejo: baru mulai tahun kemarin, baru 1 x, saya kan baru pulang dari sekolah di amrik awal 2008..

Wini: Iya Jo, makanya tadi aku deg-degan nunggu jawaban kamu, nggak kebayang aku kalo kamu bener-bener sudah menikahi dia. Kamu sudah melakukannya dengan terhormat. Oke, kalo kamu capek dan ingin segera istirahat, sisanya aku teruskan lewat email aja.

Bejo: sejak istriku tahu,bahwa dia sering mengirm sms, istriku keberatan utk menggunakan namaku lagi...

Wini: siapa yang bilang kalo tidak menikahi dia itu tidak terhormat? kecuali kalo kamu udah pernah ada hubungan khusus.

Wini: singkat kata, secara sepintas, aku menyimpulkan kamu itu mangsa yang empuk, the right man in the right place at the right time. pas dia butuh eh.. pas kamu nongol..

Bejo: Wini, cariin doanya ya..

Wini: Iya .. i will tell you through emai.. sekarang istirahat aja dulu.. besok kamu kan banyak tugas berat.

Bejo: dikit lagi..

Wini: iya Jo.. ada apa lagi?

Bejo: saya ketemu dia kurang lebih baru mau satu tahun..setelah saya perhatikan dia itu pintar ngomong...membolak-balikan omongan...

Wini: nah apa lagi itu.. makin gawat deh. .. kasian kamu Jo..!! Aku ingin membantu kamu keluar dari masalah ini. bener lho...

Bejo: trims Wini...saya telah membuat kesalahan utk keluarga saya...

Wini: tapi belum terlambat untuk memperbaiki. aku yakin kamu pasti bisa, sebelum semuanya bertambah parah

Bejo: Ya sudah terimakasih banyak Wini utk waktumu...aku tunggu doanya...

Wini: baca doa ini Jo, doa universal :

Wini: Ya Allah, jauhkanlah aku dari orang-orang yang akan membawa kemudharatan bagi aku dan keluargaku!”.

Bejo: good night ..

Wini: baca sebelum tidur. supaya semua terlindungi dari orang-orang yang nggak bener. baik kamu maupun sang istri

Wini: Ya sudah. mudah-mudahan kamu dan istrimu dijauhkan dari orang-orang yang membawa kemudharatan untuk keluarga kamu.

Wini: istirahat sana...!! see you later..

Bejo: thanks..

--------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar