Breaking News

Senin, 08 Juni 2009

Anti Poligami, Chapter III : Continue ....


---------------------------------------------

X. Surat ke empat (continue)

---------------------------------------------

Setelah chat, aku terusin nih.. sesuai hasil update informasi lewat chat tadi. Jadi kembali ke laptop…!! Kalo seperti itu ceritanya, kayaknya kesimpulanku tetap sama. Kamu jangan datangi dia lagi, jangan hubungi, jangan sms, jangan perpanjang rumah, pokoknya kamu menghilang, disappear. Kalo tiba-tiba dia telpon atau memergoki kamu, bilang aja, aduh saya sibuk. Kalo dia mempersoalkan rumah tsb, bilang aja, “aduh maaf, saya nggak enak sama orang-orang di kantor, karena ntar ketauan kalo saya mengatasnamakan rumah yang tidak saya tempati. Lagian sekarang ada pendisplinan asset kantor, saya takut ketahuan. Bisa-bisa hancur karir saya”

Trus gimana status rumah tsb? Ada dua cara :

1. Suruh dia cari orang lain, katanya dia kenal dengan para simpenan bos-bos. Knapa nggak membujuk mereka untuk mengambil alih rumah tsb.

2. Kalo kamu memang masih ingin mempertahankan rumah tsb, dengan pertimbangan kamu sendiri (misalnya buat anak-anak kamu nanti), kamu tinggal bilang sama dia, kalaupun rumah itu atas nama kamu, kamu lagi butuh duit, jadi mau dikontrakin (hm… tapi gimana ya.. orang dia udah merenovnya).

Jadi salahnya adalah, awalnya kamu terlalu memberi harapan sehingga dia dengan beraninya meminta rumah itu atas nama kamu. Ya udah, kesimpulan aku, karena baru setahun kamu masuk dalam masalah itu, maka untuk keluar juga tidak terlalu sulit, kesalahan terbesar hanyalah menyetujui penggunaan nama kamu untuk rumah tsb. Untuk itu, kamu tinggal datang lagi ke administrasi dan bilang bahwa kamu mencabut atas nama rumah tsb. Atau bisa juga kamu cuekin nggak diperpanjang, ntar juga hangus dengan sendirinya. Toh, nggak mungkin juga kamu ‘tega’ nempatin rumah tsb karena dia udah lama nempatinnya.

Karena sekarang kamu minimal 1 tahun di luar, berarti pas balik lagi pas ijin rumah itu mau abis kan?? Nah, kesempatan tuh, tinggal beresin aja. Selama setahun ini jangan ada hubungan apapun dengan dia. Kecuali kalo kamu memang masih interest sama dia.

My question, kalo misalnya hasil penyelidikan membuktikan bahwa dia itu janda yang baik-baik, jujur, shalehah, dlsb, dan secara fakta, dia itu cantik buangetss, apa kamu lantas berubah pikiran untuk menikahi dia aja? (lumayan, masa sih nolak rejeki??) Kalo jawabannya tetap “tidak”, berarti pencarian info itu sekedar memperluas wawasan aja (Tapi tetap akan aku usahakan). Kalo ternyata dia itu berkelakuan tidak baik, mungkin kamu di masa mendatang bakal sering mendengar nama dia, terutama di dalam bisnis simpanan bos-bos. Punten, bukannya aku sadis or nggak simpati sebagai sesama perempuan.

Soal uang pinjeman yang nggak dikembaliin, itu sudah pastilah..! Ngapain harus dibalikin, ntar juga jadi suami gue? Dari alur cerita kamu, aku bisa simpulkan kamu itu persis seperti kambing yang masuk area perburuan harimau. Sekalinya dia dapat, maka tidak akan dilepaskan. Dia ingin kamu menikahi dia, whatever the reason. Bisa karena rumah, bisa karena cinta, nggak peduli. Pokoknya aku bisa dapet suami lagi, masa depan aku terjamin, suamiku berpangkat lagi. Perkara dia udah punya istri, bodo amat!! Emang gue pikirin!!

Dari cerita kamu, aku sedikit banyak bisa nebak profilnya, nikah usia muda, trus dalam waktu singkat langsung cerai lagi. Tidak punya keahlian yang memadai, dan mungkin juga tidak berfikir untuk meningkatkan keahlian diri (padahal waktu dia cerai itu, bisa aja dia mikir untuk kuliah, sehingga sekarang bisa punya pekerjaan yang memadai untuk anaknya, mhsw-ku banyak yang gitu). Trus tiba-tiba kamu nongol. Ah.. sasaran empuk, coba cari tau siapa Bejo sekarang? Hebat men.. udah berpangkat pula!! Maka ditebarlah jargon-jargon “Bejo itu orang yang tepat, baik, shaleh, dlsb..”. Bukannya aku memungkiri jargon tsb (lha aku udah lama banget nggak ketemu kamu, jadi nggak tau sesoleh apa atau sebaik apa kamu skarang.. he…he., tapi berani bertaruh, kamu itu orang y ang baik kok!!), ya iya lah.. masak sih kita ngebujuk orang menikahi kita dng ngomong hal-hal yang jelek. Padahal kalo dia itu jemaahnya kang Agym, apa di sana nggak ada orang yang baek dan sholeh? Pasti banyak lah, Cuma mungkin nggak ada yang berpangkat dan bisa dipinjem namanya. C’mon Jo..!! Wake Up!! Pasti kamu bisa melihat masalah ini dengan lebih rasional dan mengenyampingkan semua perasaan, termasuk perasaan kasihan terhadap orang lain yang nggak ada dalam daftar tanggung jawab kamu. Kalo kamu tidak memperdulikan dia, tidak mengurusi rumahnya, dlsb, siapa yang bilang kamu pengecut!! Siapa yang berani bilang kamu tidak terhormat. Toh kamu udah melakukan apa yang kamu bisa! Kamu udah pinjemin nama kamu, duit kamu, buat nolong dia. Trus dia minta lebih! Dan saat kamu bilang nggak bisa, itu bukan langkah tidak terhormat. Coba kamu tulis surat spt yang kemaren aku sarankan, liat tanggapannya. Ngerti apa nggak? Kalo dia keukeuh ngejar2, berarti dia nggak ngerti bahasa orang terhormat. Ya udah.. cuekin aja, jangan dengarkan tuduhan-tuduhannya.

Wini….

--------------------------

X. Trus… wini sama bejo chat lagi :

--------------------------

Wini: pa kabar hari ini boss??

Bejo: i'm here..

Bejo: busy,,,,as usual ,,maklum jadi staff bukan jadi boss..

Bejo: apa kabar hari ini?

Wini: duh.. Jo... aku barusan kesel banget.. takut kehilangan kontak

Bejo: kenapa?

Wini: ya takut kamu keburu offline.. padahal aku udah kocar kacir nyetel keyboard tapi nggak jalan2 aja

Bejo: oh,,kirain kamu dpt info yg mengkhawatirkan..

Wini: meski aku nggak janji online malam ini, tapi sebenernya aku berharap ketemu kamu

Wini: aku belum dapat info apapun Jo.. semuanya masih gelap.

Bejo: why?

Bejo: ya ga

Wini: dua orang yang tinggal di kompleks itu yang aku kenal, belum pernah kenal dengan temen kamu tsb.

Bejo: ya gpp..maaf koq saya jadi melibatkan kamu ke masalah ku,,sementara kamu sendiri banyak maslah juga,,sdh Wini gpp..

Wini: mereka orang baru, baru pindah ke kompleks. satu orang ibu2 masih muda, dia kerja sbg dosen, jadi aku sangsi apa dia sempet2nya bergossip, tapi rumahnya deket, Jalan Mawar 5.

Wini: satu lagi, sudah lebih berumur, tapi rumahnya jauh, di jl.Semesta. cuma dia lebih prospek untuk membantu mencari info, tapi aku mau pedekate dulu dgn dia. besok aku mau nemuin dia di tmpt dia ngajar

Bejo: menghabiskan energimu saja,,sdh Wini,,lagian setelah kupikir2 setalah baca e mailmu aku semakin kuat pendirianku,,,jadi mau dia baik atau ga ya biar ajalah

Wini: nggak Jo.. aku bener-bener pengen nolong kamu, seharian ini aku cari jalan gimana cara mendapatkan info tsb, tapi belum ketemu cara yang pas.

Bejo: ga usah lah,,Wini,,ntar malah curiga,,ada Wini cari info ttg dia. Kamu bilangny apa Wini?

Wini: aku nggak bilang apa2 Jo.

Bejo: terus orang itu ga nanya? kenapa?

Wini: dgn ibu-ibu yang pertama, yg rumahnya di Jl.Mawar, aku cuma bilang, sodaraku ada yang kenalan sama orang, tapi kenalnya sepintas, trus barangkali aja dia kenal..

Wini: jawabnya, nggak tu, karena dia baru pindah setahun ke sana, dia dari semarang, tapi suaminya udah rada lama, 2-3 tahun duluan.

Wini: dia nggak terlalu banyak tanya, karena kami ketemunya di jam kerja, lagian aku bukan tipe orang yang suka berpanjang-panjang ngobrol Jo.. jadi langsung straight to the point.

Bejo: itulah yg dibilang teman lamaku,,dia sdh berapa tahun ini misterius...

Wini: tapi dia janji, kalo dia dapet keterangan, dia akan bilang ke aku, dia mau tanya suaminya dulu, barangkali tau.

Wini: trus, ibu2 yang kedua, juga baru 2 tahunan pindah ke sana, dari purwokerto, pindah ke jl.Asem,

Wini: aku bilang, sodaraku pengen tau spt apa ibu Bunga ini di lingkungannya, bisnisnya apa sebenernya, karena (aku ngebohong ke dia Jo!!), aku bilang ibu Bunga ini ngajak sodaraku bisnis

Bejo: ok, wah,,aku ga boleh seudzon,,jangan dia habis diputusin dari simpinanya orang,,astgafirullah saya seudzon,,maaf

Wini: tapi sodaraku nggak gitu kenal dia..gitu.. !! si ibu2 ini setuju mau membantu mencarikan info.

Wini: knapa kamu berfikir dia habis diputusin dari simpanan orang??

Bejo: Ok Wini...up to you as long as you would not tell the truth about my story...

Wini: never Jo.. I will never tell them about you..

Wini: knapa kamu berfikir dia habis diputusin dari simpanan orang??

Bejo: aneh aja Wini..katanya selama inin bisnis,,tapi bisnisnya apa? orang dia hanya tamat sma,n skillnya terbatas,,menghidupi anaknya, dll..selama ini yg aku tahu dia di supply kakaknya di pt angin ribut itu..

Wini: tapi info spt itu nggak bisa dapet cepet. harus ada peluang, jalan dan kesempatan, untuk mendekati sasaran, gini2 juga dulu aku mantan analist Jo, salah satu keahlianku adalah me'nakluk'an user yang bandel

Wini: Itu juga sempat terlintas di pikiranku. tapi mungkin aja dia bisnis kos2an, kata temen2ku, daerah situ tsb banyak kos2annya..

Bejo: aku heran Wini,,,sebelum2nya saya tak mudah percaya sama orang,,tappi dgn dia..seperti yg kubilang itu,,,heeh saja selalu,,sampai2 waktu dia pinjam uangpun aku heeh saja,,,tapi ga apa2 Wini,,saya sdh Ihklas,,maslah uang itu..

Wini: gpp Jo.. cuma kadang2 dalam hidup, kita ketemu org spt itu, dan kadang2 org spt itu, maaf.. bukannya sy berprasangka buruk, sebenernya ahli menipu

Bejo: sebelum di rmhnya di reno, hanya 2 kamar yg dia kostkan..

Wini: terlepas dari masalah uang yang udah kamu ikhlaskan itu.

Wini: mungkin aja dia disupply oleh kakaknya yang PT Angin Ribut itu. aku hari ini juga merenung.. mungkin aja dia memang berhak mendapatkan suami lagi

Wini: jujur aja. dari sisi perempuan, aku juga bersimpati dengan yang dia alami. tapi mungkin caranya bukan begitu Jo. dan orangnya mungkin bukan kamu.

Wini: are you still there? sorry ya aku cerewet

Wini: jadi.. gimana Jo..? aku terusin jangan proyek investigasi ini?

Wini: jangan-jangan kamu ke toilet lagi....

Wini: Jo.. koq diem azzaaaa... ngilang ya...???

Bejo: internetnya putus..

Wini: makanya jangan invisible atuh.. kan jadi nggak jelas statusnya.. invisible beneran atau disconnected.. kebaca nggak pesanku yang terakhir2 ??

Bejo: kebaca..boleh kamu lanjutin tapi sambil lewat saja,,artinya kamu jangan nyengajain ketemu orang hanya utk tanya itu,,,kalau pas kebetulan ketemu orang sono,,baru boleh,,

Wini: iya Jo.. aku juga emang sambil lalu.

Wini: tapi seperti aku bilang kemaren .. emangnya ada pengaruhnya pada keputusan kamu kalo ternyata dia itu orang baik2 atau bukan??

Bejo: memng itu yg dia bilang,,masa sih saya ngga berhak dpt suami lagi...dan dia siapkoq tdk diber nafkah lahir sama aku..

Wini: dia mungkin berhak dapet suami lagi. tapi mungkin bukan kamu Jo!

Wini: dan tidak dengan itu caranya...

Bejo: tapi saya ga tahu apa ini strategi di awal,,nanti akhirnya juga morotin,,,seperti saat pinjam itu, awalnya dia bilang setiap bulan akan dicicil,,sampai sekarang dia juga ga pernah nyinggung2,,dan saya tdk mau tanya juga..

Bejo: terus terangWini,,sekarang ini saya menyesali ketololan saya,,koq seperti kerbau dicocok hidung,,

Wini: spt aku tulis di surat itu Jo, kalo aku ini jadi ibunya, mungkin aku ngga akan tega nyuruh anak sendiri ngembat suami orang.. .. gimana perasaan anak dan istri orang tsb.

Bejo: saya juga ga habis pikir,,apa jangan2 bapaknya juga punya simpenan jadi menganngap wajar,,Astagfirullah saya seudzon lagi..

Bejo: karena dia n ibunya selalu bilang di Islam itu boleh..

Bejo: aku hanya ingin tahu,,kalau ternyata dia itu ga benermmberarti sdh jelas dia menipu saya,,crita2nya semua palsu...tapi Wini,,duh,,koq saya waktu itu iya saja...

Wini: memang kadang2 lingkungan membentuk persepsi orang juga sih..

Wini: Sudahlah Jo.. nggak usah terlalu disesali. Kamu harus bersyukur, bahwa yang hilang itu cuma uang, bukan hal yang lebih besar lagi.

Wini: aku nggak kebayang kalo misalnya kamu terjebak dalam sikon yang lebih jelek.

Bejo: iya Wini,,saya ihklas,,pernah dia minta tolong dicarikan kawan saya yg bujangan,,ya saya bilang ya ga ada lah,,seumur saya mah udah nikah semua..

Wini: jadi spt di suratku itu, tataplah lurus ke depan, say no to budiono (he..he.. ngikutin orang2 di indonesia yang pada protes sby nunjuk budiono sbg cawapres). maksudku jangan mikirin apapun alasan dia, jangan peduli apa dia itu ceritanya bener atau nggak, jangan menyesali kalo kamu nggak membantu dia. kamu sudah membantu

Bejo: udahlah,,Wini,,biar saya berdoa saja,,sampai sekarang saja bayangan dia itu masih muncul pada jam2 tertentu,,itu yg bikin saya menderita Wini...

Wini: coba kamu baca doa yang disaranin temenku itu.. aku inget.. dulu juga pada saat susah aku berdoa spt itu. kenapa itu bikin menderita Jo.. kalo bayangan dia muncul, memangnya apa yang kamu rasakan? apa kamu merasa pengen ketemu dia? kasian ke dia? dlsb..

Bejo: klu sdh bayangan itu muncul,,duh, baca buku,kamu perna Tawanan Dewa Mataharinya Tintin,,ya seperti itulah kira2 kalau lagi kebayang,,

Bejo: pengen ketemu dia Wini..rasanya..

Wini: pernah Jo.. tapi aku luBoldpa. yang gimana ya? kalo nggak salah yang tintin kena elmu teluhnya orang Indian....

Bejo: ya itu ilmuwan2 itu,,pada jam tertentu kambuh,,rupanya dikerjain jarak jauh oleh orang2 Inca,,,

Wini: makanya dari awal aku bilang Jo. tetapkan hati kamu, karena hati lah yang mengontrol perbuatan seseorang. singkirkan dulu dari hati.

Wini: Ya aku inget itu...

Bejo: sudah Wini...makanya saya bersyukur saya jauh,,kegiatan padat,,tapi begitu nganngur sediki saja,,,bayangannya muncul...pengenn nelpon, kangenlah..untungnya aku belum pernah nelpon...

Wini: cara nyingkirin dari hati, ya berdoa aja...

Bejo: ya Wini...aku off dulu ya,,aku mau Isya terus berdoa and tidur,,,

Bejo: saya seharian naik helly,,,lelah Wini..

Wini: Oke.. aku ngerti.. ya udah.. istirahat sana..

Bejo: aku stress Wini,,,mungkin kalau bayangin itu ga hilang saya minta tolong kamu..

Wini: nolong gimana Jo??? jangan stress Jo, please...

Bejo: suatu saat klu saya minta..mungkin kamu harus tlp dia..

Wini: aku sudah berfikir, sebelum kamu meminta.. tapi lagi berfikir apa yang mau aku omongin. seharian ini aku berfikir gimana caranya bisa kontak dg dia, tapi sbg orang luar, yang nggak kenal kamu

Wini: dan mencoba mencari latar belakang mengapa dia sangat menginginkan kamu.

Bejo: kamu mau bilang apa ke dia?

Wini: aku nggak bilang apa2 dulu, Jo.. aku nggak kenal dia, yang aku lakukan adalah mencoba ketemu, mencoba kenal, trus menganalisis karakternya, itu aja dulu. I don't have any right to tell something... aku ini the outsider

Bejo: jangan Wini,,please,,jangan,,yang akan saya coba sekarang adalah mengikuti doa temenmu,,karena saya tahu ibunya berdoa siang dan malam utk anaknya..

Wini: ya sudah.. kalo kamu nggak setuju, aku nggak akan melakukan itu.

Bejo: trims Wini,,biarlah aku yg mencoba dulu..kalau memang tdk ada kemajuan baru aku minta tolong,,khususnya klu saya mau pulang ke tanah air,,jangan sampai inginnya ke rumah dia terus..

Wini: Usahanya cukup lama Jo.. jadi kamu harus konsisten dan terus berdoa...

Wini: temenku bilang 6 bulan.

Bejo: 2 bulan terakhir ini saya sdh mampu utk tdk ke rumahnya, tetapi bayangannya yg belum hilang,,dia tahunya saya di kalimanta..klu 6 bulan Insya Allah saya bisa..Insya Allah saya ada rejeki,,saya ke tanah suci Nop ini..

Wini: Good Jo.. berdoa disana mungkin lebih afdol.

Bejo: iya Wini..saya berdoa semoga dia ditemukan jodo yg baik,,

Wini: Kamu memang bener-bener orang yang baik Jo.. sampe2 mikirin jodoh dia. Dalam hati kecil, kamu care dengan dia khan? Ya gpp, tapi itu yang harus diberantas, soalnya rasa itu bisa menjerumuskan kamu lagi.

Bejo: Wini..dlm Quran pun disebutkan kita harus memaafkan orang,,kalua dia ketemu jodo saya dan keluarga sayakan juga tenang Wini,,dan tdk terganggu lagi..

Wini: Iya sih.. bener.. bener.. ya udah. aku juga nggak bermaksud provokatif. itu jalan keluar terbaik buat semuanya.

Bejo: udah dulu ya Wini..

Bejo: Wini,,doakan aku biar saya kuat,,saya akan coba tahajud lagi setiap malam,,

Wini: oke.. kalo begitu selamat istirahat Jo.. see you again later..! jangan lupa banyak2 berdoa.

Wini: Ya sudahlah.. aku percaya Jo.. kamu orang baik, dan berusaha melakukan yang terbaik untuk orang2 di sekeliling mu.! sleep well and maybe we can talk later...

Bejo: ok..see Jou,,ya,,thankyou,,,masalah janda itu ga usah dipikirkan,,,surat2 mu memberi saya kekuatan utkmemberikan yg terbaik utk keluarga saya...thanks ya Wini..

Wini: you welcome.. sana logoff.. jangan lupa berdoa dan shalat.

Bejo: thanks..


----------------------

XI. Doa-doa Penolong
-------------------------

My Dear Bejo,
kata siapa aku nggak serius mikirin kamu dan masalah kamu. Nih bukti aku serius, aku hr ini tanya2 ke temen deketku. barangkali dia punya tips / doa untuk mengatasi hal tsb, dan ini kutipan chat nya.
Mudah-mudahan bermanfaat.

Wini

----------------

Wini: sy mw nanya...mun doa khusus meh bisa melupakan seseorang aya teu?
Wini: maksudnya bacaan dina bahasa arabna, kitu.. jigana temen saya ka-pelet ku awewe
cewekcuex: kunaonnnn
cewekcuex: hehehe
cewekcuex: tdk bisa melupakan sesrg?hehehhe
Wini: temen saya tadi malem chat ama saya, dia curhat soal dikejar2 janda. ternyata kasusnya mah murni matre.
cewekcuex: alahhh
cewekcuex: gini aja
cewekcuex: eh sy nanya heula di cowok na suka ga?
cewekcuex: atau emang merasa dipelet?
cewekcuex: kalo emang merasa dipelet, byk doa aja utk menolak
cewekcuex: pelet itu dibantu jin
cewekcuex: kalo dia merasa ada yg aneh
cewekcuex: trs merasa dipelet
Wini: iya.. dia ngerasa gitu. makanya dia tanya, apa ada doa khusus
cewekcuex: menurut dalil doa2 menolak perbuatan jin itu dg baca al baqoroh
cewekcuex: trs baca surat qulhu falaq nas
cewekcuex: walah
Wini: oh.. Albaqoroh ayat sabaraha? qulhu falaq nas nya ada aturan bacanya nggaka?
Wini: eh.. albaqoroh ayat sabaraha?
Wini: trus maca falaq annas-nya ada aturannya nggak? pas shalat tahajud, atau pas shalat 5 waktu?
cewekcuex: gini.... Wini
cewekcuex: sy jg dulu merasa ada jin yg ikutin sy
cewekcuex: sy diminta baca al baqoroh dr awal sampai akhir
cewekcuex: 3 mlm berturut2
Wini: hm..trus gimana cara menyingkirkanya...? berapa kali baca albaqoroh tsb? satu kali setiap malam? jam brp aja
cewekcuex: setelah isya misalnya atau malam pokoknya
cewekcuex: 3 mlm berturut2
cewekcuex: dr ayat 1-trakhir
Wini: trus ada niat khusus yang harus diucapkan? trus falaq annas nya gimana?
cewekcuex: qulhu falaq nas 3 kali2
cewekcuex: pagi , sore
cewekcuex: dan mau tidur
cewekcuex: ya niat khusus ada ya dg menyebutkan nama org itu
Wini: hm..berapa lama itu teh.. bisa dirasakan khasiatnya?
cewekcuex: tp sy lupa doanya
cewekcuex: ya sy rasakan sih
cewekcuex: smuanya trasa menjauh
Wini: ada doa khusus? iraha2 pang neangkeun nya..
cewekcuex: krn jin kan takut
cewekcuex: ada doanya
cewekcuex: ntar sy cari yah
Wini: o.. oke, ntar saya sampaikan ke temen.
Wini: berapa lama kamu dulu ..pengalamannya? dari mulai baca sampe terasa akibatnya/
cewekcuex: ya sy rasakan aya 6 bulanan
Wini: hm.. lumayan juga ya... iya lah nanti saya omongin ke temen.

-------------------------
Jo, mestinya aku tidur, karena besok aku ngajar sehari penuh nonstop,dari jam 7 pagi sampe jam 7 malem. Cuma konyolnya, tiap abis chat sama kamu aku koq jadi susah tidur?
Kemaren aku ngobrol lagi dengan temenku, dia menambahkan lagi doanya secara spesifik. Ini kutipannya :

cewekcuex: gimana yg kmrn sdh dibilangin?
cewekcuex: baca aja dulu surat al baqoroh
cewekcuex: ayat qursi sering dibaca
Wini: yang doa kemaren? udah
Wini: nah nu ayat kursi encan.. nanti sy tambahin
cewekcuex: sama ayat trakhir srt al baqoroh
cewekcuex: itu jg buat ngusir pelet, doa jelek org dan biar jin jauh dr kita
Wini: eta aya ketentuan spesifik teu nu maca ayat kursi jeung ayat terakhir srt albaqoroh
cewekcuex: henteu
cewekcuex: baca aja yg sering pagi sore terutama dauh subuh dan asar
cewekcuex: dan malam, mau tidur
Wini: yang baca albaqoroh tiap hari trus falaq qulhu dan annas udah, tp nu ayat qursi jeung albaqoroh terakhir encan.
cewekcuex: udah subuh n asar
Wini: kela.. albaqoroh terakhir teh nu kira2 terjemahannya
kieu lain 'Ya Allah, janganlah engkau coba aku dnegan apa yang aku tidak sanggup menanggungnya...dst' gitu bukan?
cewekcuex: nu mimitina aamana rasullu bimaa unjila ilaihi bimaa unjila minqobli
Wini: asa inget bareto sy ge suka baca..
Wini: teu apal euy.. nya eta.. asa eta.. lah. pokona mah..
cewekcuex: iya baca ayat qursi dan ayat eta
cewekcuex: sm qulhu falaq nas tiga kali msg pagi n sore
Wini: dulu sy suka baca kalo lagi dalam kesulitan dan menta kekuatan
cewekcuex: iya
Wini: kamu tau nggak satu doa lagi, dulu jg sering sy baca,tapi poho euy.. ayat sabaraha. pokona nu bacaanana kieu 'robbi adhilni mudkhola sidqi..wa ahrijni muhroja sidqi ... dst. ujung2nya sultonan nashiro..' yang kira2 berilah kekuatan untuk keluar dari kesulitan..dlsb asa dinu surat bani israil
cewekcuex: sy lupa, tp sy banyak kok doa2 macam gt
cewekcuex: dg maksud yg sm
cewekcuex: nanti di bdg sy kasih ya
Wini: oke.. ditungguin.. thanks
cewekcuex: ini ayat al baqoroh yg ayat 285
cewekcuex: itu ayat buat ngusir jin oge
cewekcuex: nu td sy sebutin awalnya
cewekcuex: aamanar rasuulu bimaa u jila ilahi min robbihi walmu'minuun. kullun aamana billaahi walmalaaikatihi wakutubihi warusulih
cewekcuex: laanufarriqu baina ahadin mirrusulihi , waqoluu sami'na wa'atho'na gufroonaaka robbanaa wailaikal masyiir
cewekcuex: eta ayat na
Wini: hartosna??
cewekcuex: ya segala sesuatu asalnya dr Allah
cewekcuex: lbh lengkapnya baca di tafisr



Tidak ada komentar:

Posting Komentar