Breaking News

Rabu, 10 Juni 2009

Why Andromeda?


Banyak orang bertanya-tanya.. knapa si milih nama Andromeda? Padahal nggak ada kaitan sama sekali dengan your real name? Ya.. ceritanya panjang lah…

Dahulu.. bangetsss when I was a little girl (doo.. kayak syair pembuka lagu que-sera-sera), tepatnya waktu aku masih di kelas satu SMP, di mataku yang super culun dan bego ini, tiba-tiba lewatlah sesosok yang memanah perhatian..(ceilee…!! Memanah…?? Emang burung rajawali apa??). Sosok itu sebenernya sangat sederhana, pendiam dan cenderung tidak menarik perhatian. Lha.. kalo tidak menarik perhatian, bagemana pulak koq bisa menarik perhatianmu? Lha.. justru itu, diantara ketidakmenarik perhatiannya dia, ternyata dia menarik perhatianku.. Ya udah.. daripada ribet ngomongnya, bilang aja elo naksir!!! Tull.. ya udah..deh .. gw ngaku, naksir. Tapi apalah arti naksir buat anak kelas 1 SMP?

Buat aku siii banyak artinya. Pertama, nama si cowok tsb mengandung kata “MEDA”, lengkapnya.. ya nggak usah lah.. ntar dikira fitnah lagi!! Sesuai dengan semboyan pada blog ku ini, “isinya campuran antara fakta, fiksi dan fitnah…..”, jadi apakah bener tokoh bernama MEDA ini ada atau nggak, diserahkan pada pembaca.

Maka, mulailah sesi satu, tergila-gila dengan MEDA. Bagaimana caranya supaya aku bisa dekat dengan dia, bertemen dengan dia, dlsb. Segala cara kulakukan, dan tampaknya tidak ada yang berhasil… (syukur juga nggak berhasil, sebab kalo berhasil, ntar nggak rame ceritanya dong!!). Dalam kerangka berfikir aku waktu itu, ada tiga cara untuk membuat agar orang melirik dirimu, yaitu :

  1. Elo kudu punya tampang oke…
  2. Elo kudu tajirrrr ……..
  3. Elo kudu puinterr or top listed di kelas…..

Nah, cara 1 dan 2 jelas-jelas aku nggak punya dan nggak bakalan sanggup. Itu sudah melanggar kodrat dan martabakku. Jadi aku mulai melirik cara ketiga, bagemana agar menjadi top listed di kelas?

Mengapa? Ternyata Meda ini nggak bisa disepelekan. Meskipun pendiam, ternyata doski encer juaa.. Setidak-tidaknya begitulah hasil investigasi dan observasi singkat. Jadi, untuk menarik perhatian dia, bagaimana agar aku bisa setara atau bahkan lebih baik dalam bidang itu. Nah.. gara-gara hal tersebut, tanpa disadari, aku yang males-malesan ini jadi mulai rajin belajar, membaca dan menulis serta berhitung..he..he…he.. kayak anak SD aja..!! Komparasi awalnya selalu Meda, kalo ulangan, selalu yang pertama aku selidiki adalah berapa nilai Meda?? Tujuannya, jelass!! Kalo nilaiku lebih gede dari dia.. Wuah.. sueneng.. buangetsss. Implikasinya, secara tidak langsung, tanpa disadari, diam-diam aku sudah mulai beranjak menuju pada posisi top listed di kelas, sehingga ketika naik kelas 2, from nothing, akhirnya berhasil nangkring di ranking 3. Lumayan lah, buat diriku from ndeso ini. Sedangkan Meda? Teuteup.. nggak dapet..!! Ha..ha..ha…

Selesai? Belum…!! Proses penginceran berlanjut terus hingga kelas 2 dan kelas 3. Tapi seperti lagu five minutes, SKSJ, semakin kukejar, semakin menjauh, begitulah kiranya. Makanya aku nggak ngotot menjadikan Meda sebagai sesuatu yang real. Cukup sebagai hiburan, cukup sebagai sesuatu yang imajiner. Demikian yang ada dalam prinsipku waktu itu. Ngapain nyiksa diri mengejar sesuatu yang semakin menjauh???

Nah.. selama proses ilusi dan imajinerisasi tersebut, berbagai informasi dan referensi lewat dalam pikiranku, hingga mulailah aku menggemari buku-buku tentang astronomi. Aku mulai membaca tentang bintang, matahari, planet, dan alam semesta. Tersepona oleh isi bacaan tersebut, membuat aku makin hari makin cinta dengan astronomi amatiran tersebut, hingga satu hari aku menemukan satu obyek yang memukau yaitu ‘Andromeda’. Wow…wow…wow… pass buangetss neeh.. Benda apakah ini?


http://www.solstation.com/x-objects/andromeda.htm

Wider and possibly brighter than our own Milky Way, the Andromeda Galaxy was once thought to be the dominant member of the Local Group of galaxies. Although it is Milky Way's nearest large galactic neighbor, this large spiral galaxy (type Sb with two arms) lies around 2.52 ± 0.14 million light-years (ly) from the Solar System....

Dari buku yang aku baca, ternyata Andromeda itu diberikan untuk nama sebuah galaxy yang ‘terdekat’ dengan galaksi kita ‘milky way’, dengan jarak sekitar 2.5 juta tahun cahaya. Artinya :

  1. Kalo kita naek pesawat yang terbang dengan kecepatan cahaya, maka pesawat tersebut akan sampe di galaxy Andromeda setelah 2.5 juta tahun.
  2. Jika sekarang kita bisa melihat galaxy Andromeda, maka yang kita lihat itu adalah ‘image’ yang dibentuk dari cahaya yang sudah berjalan selama 2.5 juta tahun.
  3. Jadi, apakah sekarang, dalam kerangka ruang dan waktu yang sama, galaxy Andromeda itu masih benar-benar ada? Wallahu'alam bissawab

Artinya, ternyata Andromeda itu sesuatu yang imajiner, yang belum tentu ada, yang meskipun bisa dilihat, belum tentu bisa diraih.

Trus, menurut mitologi yunani, karena memang aselinya nama itu diambil dari mitologi yunani yang gemar memberi nama pada benda-benda langit, ternyata etimology andromeda adalah :

The etymology of the name is "to think of a man," from ανδρός (andros) "man" combined with μήδομαιmēdomai) "to think, to be mindful of." (http://en.wikipedia.org/wiki/Andromeda_(mythology))

Jadi, cucoklah dengan keinginanku. Bagemana kalo aku pelesetin arti di atas, dari to think a man, menjadi to think like a man? Ah. Pokoknya nama ini kayaknya guee bangetsss. Nah sejak itu aku putuskan nama itu menjadi nama alias. Jadi, Andromeda diilhami dari Meda, sesuatu yang ada, terlihat, tetapi tidak mungkin dicapai (jadi ngapain lagi dipikirin), dan Andromeda membuat elo berfikir like a man.

Nama ini tetap aku pertahankan sampe sekarang, dengan alasan, pertama ya unik, kedua, ya berkesan, ketiga, ya gara-gara nama inilah maka aku jadi mulai mempelajari banyak hal, keempat, ya nggak kepikiran nama laen.

Dimanakah Meda sekarang berada?? Entahlah.. who knows, dan EGP (emang gue pikirin!!).


Trus, darimana datangnya ‘Gilbert’? Ya itu aku maen comotzz aja, dari nama belakang aktris kesukaanku waktu masih kecil, Melissa Gilbert, yang jadi tokoh ‘Laura Ingals’ di serial TV terkenal masa itu, “Little house on the praire”

(http://www.hissandpop.com/celebrities/g/melissagilbert/)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar